Jumat, 09 November 2012

Sisi Sejarah Lapas Pariwisata Sukamiskin Menarik Universitas Lambung Mangkurat Untuk Berkunjung

Tembang-tembang daerah dialunkan oleh para seniman dari Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Pariwisata Sukamiskin yang tergabung dalam group calung Lapas Pariwisata Sukamiskin di acara kunjungan wisata Fakultas Hukum Lambung Mangkurat Banjarmasin pada tanggal 09 November 2012.Empat buah lagu mereka lantunkan menyambut kedatangan para Mahasiswa yang didampingi oleh Kepala Lapas Pariwisata Sukamiskin Bapak Dewa Putu Gede.Bc.IP,SH,MH.

Bapak Pius Harjadi sebagai Kepala Seksi Bimkemasy sekaligus sebagai pemandu membuka acara dan meminta kepada
Ibu Nirmala Sari,SH.,MH sebagai dosen pembimbing yang membawa 30 orang mahasiswa untuk memberikan sebuah sambutan.
Ibu Nirmala Sari,SH.,MH. menyatakan bahwa para Mahasiswa telah dibawa mengunjungi beberapa lembaga peradilan,dan Lapas Pariwisata Sukamiskin juga menjadi target kunjungan yang tujuannya untuk lebih memperdalam pengetahuan dan pemahaman mahasiswa tentang ilmu yang didapat dan kenyataan yang ada.Lebih khusus lagi pihak Universitas tertarik dengan promosi tentang Lapas Klas 1 Sukamiskin yang berubah menjadi Lapas Pariwisata Sukamiskin.

Kepala Bidang Keamanan dan Ketertiban Dra.Sri Sakbaningtyas.MSi yang mewakili Kepala Lapas Pariwisata Sukamiskin Bapak Dewa Putu Gede.Bc.IP,SH,MH memberikan sambutan dan penjelasan kepada para Mahasiswa seputar Lapas,seperti tata cara menerima kunjungan,isi Lapas,dengan segala karakteristiknya,dan juga tentang bentuk-bentuk pembinaan di Lapas Pariwisata Sukamiskin.

Pemutaran video profil Lapas Pariwisata Sukamiskin juga diberikan oleh Bapak Pius Harjadi sekaligus memandu para Mahasiswa yang bertanya.Para Mahasiswa pun dengan aktif secara bergantian bertanya tentang seputar Lapas.Dra.Leny Puspasari sebagai Kepala Bidang Tata Usaha dan Dra.Sri Sakbaningtyas.MSi. sebagai Kepala Bidang Keamanan dan Ketertiban menjawab pertanyaan-pertanyaan para Mahasiswa dengan jelas dan lugas.


Mungkin ini bukan pernyataan yang pertama kalinya  seorang pengunjung mengatakan  bahwa pada awalnya dia melihat Lapas sebagai suatu tempat yang mengerikan,tetapi setelah berkunjung ke Lapas Pariwisata Sukamiskin dan melihat kenyataannya,dia cukup takjub karena jauh dari yang dia bayangkan.

Acara pun dilanjutkan dengan berkeliling melihat keadaan Lapas Pariwisata Sukamiskin dan melihat-lihat bengkel kegiatan kerja para WBP, tidak lupa tempat yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan bila berkunjung ke Lapas Pariwisata Sukamiskin adalah kamar bersejarah yang ada di Lapas Pariwisata Sukamiskin yaitu sel/kamar di blok Timur Atas No.01 yang dulu saat pemerintahan Belanda, Bung Karno pernah menghuni/ditahan kamar ini.Bapak Pius Harjadi pun dengan senang hati membawa rombongan Mahasiswa untuk berkeliling melihat Lapas Pariwisata Sukamiskin.

Para Mahasiswa baru mengetahui bahwa ternyata kegiatan Warga Binaan cukup banyak ketika mereka dibawa berkeliling,mereka pun bertambah takjub saat mereka melihat dengan mata dan kepalanya sendiri bahwa di Lapas pun banyak tangan-tangan kreatif dalam membuat hand made juga kaligrafi dan banyak lagi kegiatan positif para Warga Binaan yang ada di Lapas Pariwisata Sukamiskin.

Berkeliling melihat keadaan Lapas dan mengunjungi Kamar Bung Karno adalah rangkaian kegiatan terakhir para Mahasiswa Lambung Mangkurat Banjarmasin.Mereka pun meninggalkan Lapas Pariwisata Sukamiskin dengan kesan dan cerita yang berbeda-beda sebagai bekal ilmu dalam memperdalam ilmu hukum.



"VNZ"

0 komentar:

Komentar anda, akan menambah perbaikan pelayanan untuk kami